Kelas 6 Tema 6 Sub Tema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat
Dalam rangkuman ini terdapat rangkuman dari tema 6 subtema 1, yang
terdiri atas muatan PKN, Bahasa Indonesia, IPS, IPA, dan SBdP. Selamat
membaca...
PKN
1. Upacara tersebut bertujuan untuk menanamkan rasa cinta
tanah air serta jiwa patriotisme pada seluruh peserta didik. mengingat
perjuangan para pahlawan yang gigih dan pantang menyerah untuk mewujudkan
negara Indonesia merdeka, sehingga akan tumbuh rasa menghargai jasa para
pahlawan
2. Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan
tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.
Tanggung jawab juga dapat berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran dan
kewajiban.
3. Tanggung jawab warga Negara Indonesia adalah
melaksanakan kewajiban dan hak dengan benar atau sunguh-sungguh atau secara
seimbang
4. Membayar pajak merupakan kewajiban warga negara.
Adapun tanggung jawab warga negara adalah membayar pajak tepat waktu.
5. Dalam kehidupan sehari-hari,menjaga persatuan dan
kesatuan dapat dilaksanakan dengan saling membina kerukunan di antara warga
masyarakat, antar pemeluk agama, suku, ras, dan budaya. Mengembangkan sikap
kekeluargaan dan gotong royong dalam kehidupan masyarakat akan mewujudkan
persatuan dan kesatuan.
6. Contoh pelaksanaan hak dengan benar antara lain
memanfaatkan sumber daya alam sesuai kebutuhan, hemat dalam memanfaatkan sumber
daya alam, serta memanfaatan sumber daya alam dengan tetap menjaga
kelestariannya
7. Pajak adalah pungutan wajib yang dibayar rakyat untuk
negara dan akan digunakan untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat umum.
8. Wajib Pajak, yakni orang pribadi atau badan yang
menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan ditentukan untuk
melakukan kewajiban perpajakan.
9. Di Indonesia, setiap orang wajib mendaftarkan diri dan
mempunyai nomor pokok wajib pajak (NPWP)
B. Indonesia
10. Gagasan utama dapat terletak di awal paragraf, di
akhir paragraf, dan di awal serta di akhir paragraf.
11. Gagasan utama juga ada yang terletak di tengah
paragraf. Gagasan utama/ide pokok/pokok pikiran memiliki ciri yang paling umum
di antara kalimat-kalimat lainnya. Kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas yang
bersifat menerangkan maksud dari gagasan utama yang berada di dalam kalimat
utama.
IPS
12. Tingkat kesejahteraan masyarakat setiap daerah di
Indonesia tidaklah sama. Perbedaan tingkat kesejahteraan masyarakat tersebut di
antaranya disebabkan pendapatan setiap kepala keluarga berbeda-beda dan tingkat
kesejahteraan masyarakat juga disebabkan oleh kemiskinan, letak geografis,
globalisasi, lapangan kerja, kualitas masyarakat, dan persebaran penduduk
13. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah
daerah dan pemerintah pusat melakukan
a.
Mengubah
pembangunan yang berorientasi di kota besar menjadi pembangunan yang merata
hingga kepelosok desa.
b.
Menyelenggarakan pelatihan
untuk masyarakat desa. Sebagai contoh, pemerintah memberdayakan ibu-ibu PKK
(Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) untuk dilatih membatik Masyarakat yang
sejahtera berada dalam keadaan sehat.
c.
Melakuan
pembangunan Nasional
d.
Meningkatkan
kualitas pendidikan
e.
Meningkatkan
kualitas kesehatan
f.
Mengelola
sector-sektor penting
g.
Melestarikan
budaya nasional
h.
Meningkatkan
keamanan nasional
14. Kesehatan masyarakat
dapat dipengaruhi oleh lingkungan. Oleh karena itu, untuk menciptakan
masyarakat sehat diperlukan kerja sama
15. Manusia adalah makhluk sosial. Kita tidak bisa hidup
sendiri. Kita perlu berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain, baik di
lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.
16. Kerja sama juga diperlukan untuk menciptakan
masyarakat sehat. Banyak cara yang dapat dilakukan, misalnya:
a.
melakukan kerja
bakti membersihkan lingkungan secara rutin,
b.
memilah dan
mengolah sampah bersama-sama,
c.
menanam pohon di
lingkungan rumah,
d.
mencegah
penyebaran penyakit menular melalui 3 M (menguras tempat penampungan air secara
rutin,
e.
menutup
tempat-tempat penampungan air, dan mengubur barang-barang yang tidak terpakai
yang dapat menimbulkan genangan air).
17. Kalimat tanya dalam bahasa Indonesia mempunyai
ciri-ciri:
a.
Diakhiri tanda
tanya
b.
Diawali dengan
kata tanya (ADIKSIMBA)
c.
Kalimat yang tidak
menggunakan kata tanya ADIKSIMBA biasanya menggunakan partikel-kan atau –ya kan
di akhir kalimat yang dipisahkan tanda koma.
d.
Kalimat tanya
mempunyai dua macam intonasi yaitu intonasi naik pada kalimat tanya yang
membutuhan jawaban ya atau tidak, serta intonasi turun pada kalimat tanya yang
membutuhkan jawaban panjang.
18. Peran masyarakat untuk mengembangkan bangsa yang
sejahtera:
a.
Membayar pajak
b.
Meningkatkan
ekonomi masyarakat desa
c.
Membeli dan
menggunakan produk dalam negeri
d.
Belajar yang rajin
dan tekun agar berprestasi
e.
Menjaga
kelestarian alam
f.
Mengikuti kegiatan
pembinaan kesejahteraan keluarga
g.
Menanamkan minat
baca
IPA
19. Menstruasi atau haid adalah keluarnya sel telur (ovum)
yang tidak dibuahi bersama lapisan dinding Rahim yang mengandung banyak
pembuluh darah.
20. Lama Menstruasi antara 5 – 10 hari
21. Siklus menstruasi biasanya 28 – 35 hari
22. Lama menstruasi dan siklus setiap anak berbeda-beda
tergantung dari faktor makanan, gangguan emosional, stress atau kondisi
kesehatan
23. Menstruasi menunjukkan bahwa perempuan telah siap
untuk bereproduksi melalui proses kehamilan.
24. Pada usia 50 tahun perempuan tidak mengalami
menstruasi lagi yang disebut dengan menopause.
25. Perempuan menopause sudah tidak dapat mengalami
kehamilan
26. Perubahan skunder pubertas anak perempuan:
a.
Kulit berminyak
dan muncul jerawat
b.
Perubahan bentuk
dada
c.
Tumbuh rambut di
bagian tertentu
d. Perubahan ukuran pinggul
SBDP
27. Reklame adalah suatu karya seni rupa yang bertujuan
untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan atau menawarkan produk (sesuatu berupa
barang atau jasa) kepada konsumen.
28. Reklame dibuat menarik, sehingga orang yang melihat ingin
mengetahui informasi yang disampaikan, tertarik dengan ajakan yang disampaikan,
dan ingin memiliki, menggunakan, atau membeli barang yang ditawarkan.
29. Berdasarkan tujuannya reklame terdiri dari reklame komersil
dan reklame nonkomersil.
30. Ditinjau dari sifatnya, terdiri dari reklame peringatan,
reklame permintaan atau ajakan, dan reklame penerangan.
31. Ditinjau dari jenis (media), terdiri dari reklame
audio, reklame visual, dan reklame audio visual.
a.
Reklame media
visual dibagi dua jenis berdasarkan pemasangannya, yaitu reklame dalam ruang
dan reklame luar ruang.
b.
Reklame dalam
ruang biasanya ditempatkan di dalam gedung yang strategis dan dapat dilihat
orang secara jelas.
c.
Reklame di luar
ruang biasanya ditempatkan di luar gedung yang sering dilalui orang, misalnya
pada sisi persimpangan jalan raya yang padat.
32. Unsur reklame media visual yaitu berupa gambar dan
tulisan.
33. Contoh reklame media visual yaitu baliho, billboard,
spanduk, poster, brosur, dan katalog. Perhatikan
34. Langkah-langkah membuat poster:
a.
Siapkan alat dan
bahan yang dibutuhkan
b.
Buatlah sketsa
gambar yang akan disajikan!
c.
Sempurnakan sketsa
gambar dengan menebalkan garis menguatkan spidol atau krayon!
d.
Tuliskan isi pesan pada tempat yang telah
disediakan gambar
e.
Warnai gambar
poster sehingga tampak menarik!
Bisa lebih dipendekkan lagi簡単にするために
BalasHapusBetul itu
HapusMakasih ya materinya 😘
Hapusterimakasih sangat membantu sekali
BalasHapusWah sangat mambantu terimakasih 沒關係不大可能會說👌
BalasHapusGk bsa bhsa inggres
HapusTerima kasih burirn. Tema 7-9 ada lagi bu?
BalasHapusTolol kali ini banyak banget
BalasHapusMaaf salah kirim
HapusWkwkkwkwkw
HapusMaaf,tidak bisa didownload ya
BalasHapusTerima kasih buririn,,
BalasHapusWaw sangat membantu
BalasHapusTerima kasih😊
BalasHapusTerima kasih sangat membantu sekali
BalasHapus